Bekasi Berikan 120 Izin Usaha Gratis – BeritaSatu

Bisnis Tiket Pesawat Bekasi Berikan 120 Izin Usaha Gratis   BeritaSatu
pulsagram Bekasi Berikan 120 Izin Usaha Gratis   BeritaSatu

Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan sebanyak 120 Usaha Mikro Kecil dan Menengah di wilayah setempat akan memperoleh izin usaha secara gratis hingga Agustus 2013.

“Program ini merupakan target 120 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindakop) Kota Bekasi, Amit Riadi, di Bekasi, Kamis (30/5).

Menurut dia, UMKM yang tersebar di 12 kecamatan setempat mendapatkan izin gratis yang diserahkan langsung oleh kepala daerah kepada pelaku usaha secara ‘road show’.

“Izin gratis itu diberikan secara bertahap sebanyak 10 izin setiap pekannya. Hingga kini sudah 80 lebih UMKM yang menerima dispensasi itu,” katanya.

Amit menjelaskan izin gratis yang dimaksud adalah surat ijin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), surat keterangan domisili usaha (SKDU) dan surat tanda binaan usaha dari Disperindakop.

Menurut dia UMKM yang baru beroperasi itu diharapkan mampu membuka peluang kerja semaksimal mungkin untuk penyerapan tenaga kerja.

“Program ini juga sejalan dengan target Pemkot Bekasi dalam membuka 50 ribu lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Amit menambahkan potensi UMKM di Kota Bekasi cukup besar, bahkan beberapa di antaranya yang telah sukses adalah UMKM kue basah sebanyak 400 pengusaha, ikan hias sebanyak 300 pengusaha, dan boneka sebanyak 200 pengusaha.

“Rata-rata, mereka mengeluarkan modal sekitar Rp50 juta untuk memulai usahanya. Namun dengan adanya dispensasi ini, kami berharap beban biaya itu bisa diperingan,” demikian Amit.

Source Article from http://www.beritasatu.com/megapolitan/116971-bekasi-berikan-120-izin-usaha-gratis.html

No related posts.

Comments are closed.